Pinterest, Sosial Media Yang Tengah Naik Daun



Hanya tinggal menunggu waktu untuk menyaksikan bagaimana orang-orang ketagihan situs Pinterest. Meski sejauh ini pemakaiannya masih terbatas pada pengguna yang telah mendapatkan undangan (invitation only), namun siapa sangka jika trafiknya terbilang kencang.

Beberapa waktu lalu diberitakan, situs ini menggapai 10 juta unique visitor per bulan di Amerika. Dengan angka tersebut, ia menjadi situs independent yang pertumbuhannya paling cepat dibanding situs-situs lain.

Penasaran bagaimana memakai media sosial ini? Berikut langkah dasarnya, seperti dilansir DigitalArtsOnline, Rabu (15/2/2012):

1. Yang pertama harus diketahui mengenai Pinterest adalah ia merupakan bulletin board berbasis web, tempat orang berbagi foto atau pernak pernik lainnya yang disukai dalam penanda bernama 'pin'.

2. Sejauh ini situs tersebut hanya terbatas pada mereka yang sudah di-invite. Minta teman Anda yang sudah memiliki akun di sini untuk mengundang Anda. Atau bila tidak, kirimkan request dan submit alamat email Anda ke Pinterest langsung.

3. Meski tanpa sign-in, Anda juga bisa berselancar dan mengagumi 'pin-pin' yang diposting orang lain. Secara default, Pinterset menyuguhkan kepada peselancar kumpulan pin secara random: food, fashion, product, sport, travel, dan lain-lain. Namun Anda bisa berfokus pada konten tertentu dengan mengklik kategori khusus yang terdapat di menu bagian atas.

4. Jika Anda sudah memiliki akun, Anda bisa melakukan 'pin' pada item-item yang menurut Anda menarik, melalui beberapa cara. Pertama, klik button Add + kemudian klik Upload a Pin jika Anda ingin memposting file dari komputer Anda. Jika file yang ingin Anda unggah berasal dari sebuah situs, pilih 'Add a Pin' dan masukkan URLnya di kolom yang disediakan.

5. Untuk mengkategorikan item-item favorit, Anda dipersilakan untuk menciptakan board yang bisa diberi judul sesuai topik dari koleksi pin yang Anda kumpulkan. Semisal: Architecture, Food, atau yang lainnya.

6. Seperti halnya media sosial, Anda dimungkinkan untuk memfollow orang lain, membubuhkan komentar dan tanda 'like' di pin yang ada.

Pinterest dirilis pada Maret tahun 2010 oleh sebuah tim yang berbasis di Palo Alto, California. Saking banyaknya yang mengakses situs ini, ia mengumpulkan referral traffic lebih banyak dari kombinasi YouTube, Google+ dan LinkedIn.

Source: http://blogtronyok.blogspot.com/

Komentar Facebook

Tidak ada komentar "Pinterest, Sosial Media Yang Tengah Naik Daun"

Poskan Komentar

Google+ Followers